Penggunaan Metode Inquiri Dalam Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Apal

Arekson Tola, Bonifasius Saneba, Anthonius Polimbong

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi hasil prestasi IPS yang rendah yang dapat dibuktikan  dengan nilai rata-rata prestasi belajar siswa kelas IV pada SDN Inpres Apal pada mata pelajaran IPS, semester ganjil tahun 2012/2013 adalah kurang dari 6,0 atau belum mencapai nilai ketuntasan yaitu 7,0. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa penggunaan metode inquiri dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Inpres Apal. Jumlah siswa sebanyak 15 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Rancangan penelitian mengikuti tahap penelitian yang mengacu pada modifikasi diagram Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu 1) Perencanaan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, serta tes prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar, dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil analisis tes prestasi belajar siswa yang diperoleh pada siklus I, yakni siswa yang tuntas 11 dari 15 siswa atau persentase ketuntasan klasikal sebesar 73,3% dan daya serap klasikal 68%, serta aktivitas siswa dalam kategori baik. Pada siklus II siswa yang tuntas 14 dari 15 siswa atau ketuntasan klasikal 93,3% dan dan daya serap klasikal sebesar 78,7%, serta aktivitas siswa berada dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode inquiri dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Inpres Apal.

Kata Kunci: Metode Inquiri, Prestasi Belajar

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung