Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode SAS di Kelas II SDN Pinotu

Sitti Aisa Andi Baso, Efendi Efendi, Sahrudin Barasandji

Abstract


Masalah dalam penelitian ini, yakni apakah dengan menggunakan metode SAS keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN Pinotu dapat meningkat? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan membaca permulaan  pada siswa kelas II SDN Pinotu dengan menggunakan metode SAS. Penelitian ini dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pemaparan data penelitian ini dilakukan secara deskriptif. Jenis data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data diproses melalui observasi dan evaluasi. Teknik analisis data menggunakan rumus ketuntuntas klasikal, dan menentukan nilai rata-rata perolehan siswa dalam membaca permulaan melalui metode SAS.Adapun hasil penelitian yang dilakukan diperoleh pada siklus satu, yakni 56% ketuntasan klasikal dan nilai rata-rata 63,36, sedangkan pada siklus kedua 96% ketuntasan klasikal dan nilai rata-rata 89,8%. Berdasarkan hasil perolehan pada siklus kedua, maka hipotesis penelitian ini diterima.

Kata Kunci: Membaca Permulaan; Metode SAS


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung