Penggunaan KIT IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Pesawat Sederhana di Kelas V SDN Potil Pololoba Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Kepulauan

Umra Hi. A. Ambai, Irwan Said, Ratman Ratman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan KIT IPA pada konsep pesawat sederhana di kelas V SDN Potil Pololoba Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Kepulauan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Potil Pololoba Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Kepulauan sebanyak 18 orang siswa yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Indikator keberhasilan dikatakan tuntas secara klasikal apabila mencapai 80% dengan daya serap individu mencapai 65. Hasil penelitian pada tahap Pra tindakan (tes awal) siswa yang tuntas hanya 44% atau 8 orang siswa dan daya serap klasikal 64,44%.  terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan penggunaan KIT IPA pada Konsep Pesawat Sederhana. Dengan tingkat ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 67% atau 12 orang siswa dan daya serap klasikal 69,44, Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 83% atau 15 orang siswa dan daya serap klasikal 78,33. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan KIT IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep pesawat sederhana di kelas V SDN Potil Pololoba Kecamatan Banggai Kabupaten Banggai Kepulauan.

Kata KunciMedia KIT IPA, Hasil Belajar, Konsep Pesawat Sederhana


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung