https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Penggunaan Media Gambar Seri dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Siswa di Kelas III SDN Inpres Tabing Kecamatan Peling Tengah | Jamra | Jurnal Kreatif Online

Penggunaan Media Gambar Seri dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Siswa di Kelas III SDN Inpres Tabing Kecamatan Peling Tengah

Jamra Jamra, Sahrudin Barasandji, Syamsuddin Koida

Abstract


Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalahsiswa kurang terampil dalam hal menulis cerita pada pembelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil observasi yang didapatkan bahwa siswadi Kelas III SDN Inpres Tabing masih kurang terampil dalam hal menulis cerita pada pembelajaran bahasa Indonesia, disamping itu siswa yang mengikuti pembelajaran kurang bersemangat karena guru kurang melibatkan siswa dalam pelaksanaan belajar mengajar, sehingga hal tersebut yang berdampak pada kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran menulis.Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Perencanaan penelitian yang dilakukan berdasarkan empat tahap, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan,  3) observasi dan 4) refleksi. Data-data yang dikumpulkan berupa data dari aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar siswa yang diperoleh dengan memberikan tes pembelajran menggunakan media gambar seri.Pelaksanaan tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus. Pada siklus I, diperoleh daya serap individu sebesar 50% dengan ketuntasan klasikal hanya mencapai 22,2%. Kemudian pada pelaksanaan siklus II mengalami peningkatan dengan perolehan daya serap klasikal sebesar 80% dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas III SDN Inpres Tabing Kecamatan Peling Tengah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia

Kata Kunci: Media Gambar Seri, Keterampilan Menulis Cerita


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung