Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Perhitungan Bilangan 1-100 Dengan Menggunakan Media Simpoa di Kelas I SDN Inpres Kautu Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan

Salati S. Yampel, I Nyoman Murdiana, Mustamin Mustamin

Abstract


Permasalahan pokok dalam penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas I SDN Inpres Kautu dalam berhitung bilangan 1-100 yang disebabkan karena siswa hanya menggunakan media jari tangan sehingga mendapat kesulitan dalam proses behitung. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah upaya mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan penggunaan media simpoa pada materi berhitung bilangan 1-100 di kelas I SDN Inpres Kautu Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Inpres Kautu Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 16 laki-laki dan 14 Perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan kegiatan penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, yang terdiri 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dari hasil tes akhir tindakan siklus I didapatkan nilai rata – rata hasil belajar siswa 65,66 dengan ketuntasan klasikal sebesar 60%, sedangkan pada siklus II didapatkan nilai rata – rata hasil belajar siswa  84 dengan ketuntasan klasikal 90%. Berdasarkan tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media simpoa dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN Inpres Kautu Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan dalam berhitung bilangan 1-100.

Kata KunciHasil Belajar; Bilangan 1-100; Media Simpoa


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung