Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Inpres Bajawali Kecamatan Lariang Kabupaten Mamuju Utara

Risa Umami, Marungkil Pasaribu, Amran Rede

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasilbelajar IPA siswa Kelas IV SD Inpres Bajawali Kecamatan Lariang Kabupaten Mamuju Utara. Masalah yang diselidiki adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Alternatif pemecahan masalah adalah melalui Penerapan Metode Inkuiri. Penelitian inidilakukan pada siswa Kelas IV SD Inpres Bajawali Kecamatan Lariang Kabupaten Mamuju Utara, dengan jumlah siswa 22 orang. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Untuk hasil belajarnya terjadi peningkatan seiring dengan diterapkannya tindakan pembelajaran melalui Penerapan MetodeInkuiri dari siklus I menuju siklus II. Hasil siklus I diperoleh ketuntasan dasar klasikal 73%, aktivitas guru sebesar 88% berada pada kategori baik dan aktivitas siswa sebesar 71% berada pada kategori cukup. Selanjutnya pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 87%, aktivitas guru berada pada kategori sangat baik yaitu 96% dan aktivitas siswa berada pada kategori baik yaitu 84%.  Berdasarkan indikator penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Inpres Bajawali Kecamatan Lariang Kabupaten Mamuju Utara.

Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif tipe Inkuiri, Hasil Belajar IPA


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung