Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Melalui Penerapan Model Inkuiri Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Bajawali Kecamatan Lariang Kabupaten Mamuju Utara

Ni Kadek Nanik Dwidayani, Charles Kapile, Abdul Hamid

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas IV SD Inpres Bajawali Kecamatan Lariang Kabupaten Mamuju Utara. Masalah yang diselidiki adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Alternatif pemecahan masalah adalah melalui Penerapan Model Inkuiri. Penelitian ini dilakukan pada siswa Kelas IV SD Inpres Bajawali Kecamatan Lariang Kabupaten Mamuju Utara, dengan jumlah siswa 22 orang. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Untuk hasil belajarnya terjadi peningkatan seiring dengan diterapkannya tindakan pembelajaran melalui Penerapan Model Inkuiri dari siklus I menuju siklus II. Hasil belajar siklus I ketuntasan belajar klasikal yakni 77,27% dengan jumlah yang tuntas sebanyak 17 orang siswa dan yang belum tuntas 5 orang siswa. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal sebanyak 95,45% dengan rincian 21 orang siswa tuntas dan 1 orang siswa yang masih belum tuntas. Tes evaluasi yang digunakan adalah tes objektif dengan jumlah butir soal masing-masing 5 nomor dengan skor total 100. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan melalui Penerapan model Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci:   Penerapan Model Inkuiri, Hasil Belajar IPS


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung