Meningkatkan Pemahaman Konsep Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Stad Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Laantula Jaya Kec. Wita Ponda Kab. Morowali

Dewilis Setianingsih, Achmad Ramadhan, Yusdin Gagaramusu

Abstract


Pada Pembelajaran di sekolah dasar guru cenderung menggunakan pembelajaran konvensional (pembelajaran berpusat pada guru) yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan metode ceramah dan pemberian tugas, tentunya hal ini membuat siswa cenderung pasif dan malas untuk belajar dan berdampak pada pemahaman belajar yang rendah. Karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang salah satunya adalah dengan menggunakan medel pembelajarn kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas duasiklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi konsep bagian-bagian tumbuhan melalui  dapat meningkatkan hasil belajar siswa  kelas IV SDN 02 Laantula Jaya? Penelitian dilaksanakan di SDN 02 Laantula Jaya, melibatkan 26 orang siswa terdiri atas 10 orang laki-laki dan 16 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Hasil penelitian yang diperoleh pada tindakan siklus I diperoleh KBK 73,07 % dan DSK 72,57 %. Pada tindakan siklus II diperoleh KBK 92,30 % dan DSK 84,65 %. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai daya serap klasikal minimal 65% dan ketuntasan belajar klasikal minimal 80%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada konsep bagian-bagian tumbuhan di SDN 02 Laantula.

Kata Kunci: Hasil belajar siswa, Pembelajaran Kooperatif, Tipe STAD


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung