https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran PKn Melalui Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Di Kelas V SDN Inpres Popisi Kecamatan Peling Tengah | Masoyang | Jurnal Kreatif Online

Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran PKn Melalui Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Di Kelas V SDN Inpres Popisi Kecamatan Peling Tengah

Tilka Masoyang, Bonifasius Saneba, Anthonius Palimbong

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Inpres Popisi Kecamatan Peling Tengah pada pembelajaran PKn. Dari hasil observasi yang didapatkan bahwa siswa cenderung kurang aktif dalam proses pembelajaran, siswa kurang berani bertanya atau berpendapat, siswa kadang juga terlihat sangat jenuh pada saat proses pembelajaran yang berlangsung sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Inpres Popisi. Salah satu metode untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut, yaitu melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievemnet Division (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Rancangan penelitian ini terdiri dari empat komponen, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan 4) refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah berupa data aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar siswa yang diperoleh dengan memberikan tes kepada siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal 40% dan daya serap klasikal sebesar 64% serta nilai rata-rata 6,4. Pada pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan dimana ketuntasan belajar klasikal sebesar 100% serta daya serap klasikal sebesar 82,5% dengan nilai rata-rata 8,25. Berdasarkan tindakan serta hasil yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn melalui model kooperatif tipe (Student Teams Achievement Division) STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN Inpres Popisi Kecamatan Peling Tengah Kabupaten Banggai Kepulauan. Saran dalam penelitian 1) agar pembelajaran kooperatif tipe (Student Teams Achievement Division) STAD dapat diterapkan di SDN Inpres Popisi; 2) untuk guru-guru tetap maupun calon guru di SDN Inpres Popisi agar biasakan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe (Student Teams Achievement Division) STAD.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), Pembelajaran PKn.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung