Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Inpres Popisi Kecamatan Peling Tengah Melalui Metode Kupasnrangkai Suku Kata

Hadijah Muhidin

Abstract


Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Inpres Popisi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dari hasil observasi yang didapatkan bahwa siswa kurang termotivasi dalam belajar sehingga mengakibatkan rendahnya tingkat kemampuan membaca. Untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan maka peneliti menggunakan salah satu metode yaitu, metode kupas rangkai suku kata. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Perencanaan penelitian yang dilakukan berdasarkan empat tahap, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi dan 4) refleksi. Data-data yang dikumpulkan berupa data dari aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar siswa yang diperoleh dengan memberikan tes kepada siswa. Penelitian tindakan dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Dari hasil penelitian tindakan siklus I diperoleh daya serap klasikal sebesar 66,1% dan ketuntasan klasikal sebesar 57,1 %. Pada siklus II mengalami peningkatan, daya serap klasikal 83,3% dan ketuntasan klasikal 100%. Semua siswa dikatakan tuntas karena nilai-nilai yang diperoleh lebih dari 65. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode kupas rangkai suku kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN Inpres Popisi Kecamatan Peling Tengah.

Kata Kunci: Kemampuan, Membaca Permulaan, Metode Kupas Rangkai Suku Kata


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung