https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas IV SDN Pembina Liang Melalui Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing | Moidady | Jurnal Kreatif Online

Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas IV SDN Pembina Liang Melalui Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing

Nurmila Moidady

Abstract


Penelitian ini mengkaji kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas IV SDN Pembina Liang melalui strategi aktivitas menulis terbimbing. Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan strategi aktivitas menulis terbimbing kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas IV SDN Pembina Liang dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas IV SDN Pembina Liang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersiklus yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah siswa dan guru dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Pembina Liang yang tercatat pada semester genap 2013/2014, sebanyak 22 orang siswa yang terdiri atas 11 orang siswa laki-laki dan 11orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analis deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Diperoleh gambaran bahwa pada siklus I berada pada kategori kurang. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes setiap proses pembelajaran menunjukkan pada siklus I nilai rata-rata kelasĀ  mencapai 65,05 dengan ketuntasan belajar mencapai 50%. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 76,70 dengan ketuntasan belajar mencapai 81,81%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan strategi aktivitas menulis terbimbing dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas IV SDN Pembina Liang yang dilihat dari hasil tes menulis karangan pada setiap siklusnya.

Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Karangan Sederhana, Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung