https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Metode Demonstrasi Kelas V SDN Tampanombo | Nyala | Jurnal Kreatif Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Metode Demonstrasi Kelas V SDN Tampanombo

Raoda Dg. Nyala

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas V SDN Tampanombo. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang bersifat deskriptif kuantitatif dilaksanakan secara bersiklus. Penelitian ini bersifan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil evaluasi pembelajaran siswa sedangkan data kualitatif diperoleh dari kegiatan proses pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas yang dilakukan siswa belum memenuhi kriteria penilaian yang telah ditentukan yaitu dengan perolehan hanya mencapai 40,62% dari keseluruhan jumlah siswa, tetapi pada siklus II hasil analisis aktivitas siswa diperoleh persentase yang sangat memuaskan yaitu 87,5 %, hal ini menandakan bahwa pada siklus II siswa telah lebih memahami dan antusias mengikuti kegiatan pembelajaran dengan metode Demonstrasi. Sedangkan berdasarkan hasil analisis hasil belajar siswa pada siklus I 10 orang tuntas dengan presentase ketuntasan klasikal mencapai 34,37 %. Belum terpenuhinya standar pembelajaran maka dilanjutkan siklus II, pada siklus II ketuntasan siswa lebih tinggi dibanding siklus I yaitu mencapai 87,5 %, dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 28 orang dari 32 orang siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat di simpulkan penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Tampanompo  dalam pembelajaran IPA.

Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Metode Demonstrasi


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung