https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas IV SDN Pajalele Menentukan Pikiran Utama Teks Bacaan Melalui Metode Diskusi | Hasmawati | Jurnal Kreatif Online

Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas IV SDN Pajalele Menentukan Pikiran Utama Teks Bacaan Melalui Metode Diskusi

Hasmawati Hasmawati

Abstract


Permasalahan dalam penelitian adalah apakah melalui metode diskusi kemampuan siswa kelas IV SDN Pajalele menentukan pikiran utama teks bacaan dapat ditingkatkan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SDN Pajalele menentukan pikiran utama teks bacaan melalui metode diskusi. Jenis data dalam penelitian ini ada dua macam, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif  diperoleh melalui teknik observasi, sedangkan  data kuantitatif diperoleh melalui teknik tes. Metode yang digunakan adalah metode deskripsitif sedangkan teknik pengolahan data melalui distribusi frekuensi tunggal.   Berdasarkan hasil dan pembahasan mulai dari pratindakan, observasi sampai dengan nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal  dengan menggunakan rumus-rumus yang telah ditetapkan, dapat disimpulkan bahwa melalui metode latihan dapat ditingkatkan kemampuan siswa kelas IV SDN Pajalele menentukan pikiran utama teks bacaan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan pencapaian nilai yang diperoleh siswa pada pelaksanaan tindakan pada siklus I mendapat nilai rata-rata 5,80 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal 26,57 % atau 6 orang tuntas dan siswa yang dinyatakan belum tuntas sebanyak 15 orang atau 71,42%. Ketuntasan  tersebut belum mencapai indikator ketuntasan berdasarkan  acuan dalam penelitian ini, sehingga dilanjutkan pada siklus II. Berdasarkan hasil perolehan pada siklus II diketahui bahwa nilai rata-rata adalah 8 dengan persentase ketuntasan adalah 99,99 % atau 21 orang tuntas dan dimana 7 orang mendapat nilai 9, yang mendapat nilai 8 juga 7 orang dan 7 orang lainnya mendapat nilai 7. Berdasarkan perolehan nilai pada siklus II tersebut tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya, karena telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Peningkatan Kemampuan, Pikiran Utama, Teks Bacaan, dan Metode Diskusi

 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung