Peningkatan Hasil Belajar PKn Siswa Melalui Pendekatan Interaktif Siswa Kelas III SDN Kabuyu Kecamatan Pedongga Kabupaten Mamuju Utara
Abstract
Masalah hasil belajar kemungkinan bersumber dari strategi pembelajaran atau model yang digunakan oleh guru atau faktor lain yang menjadi penyebab kesulitan belajar. Untuk itu model belajar yang dipilih sebaiknya model yang dapat mendorong siswa untuk aktif dan kreatif dalam belajar. Salah satu model yang dapat mendorong siswa untuk belajar secara aktif adalah pendekatan interaktif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan meningkatkan hasil pembelajaran pada siswa SDN Kabuyu Kecamatan Pedongga Kabupaten Mamuju Utara dengan melalui Pendekatan interaktif. Subjek penelitian tindakan ini yaitu kelas III yang berjumlah 26 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil dari pelaksanaan tindakan di kelas dengan menggunakan pendekatan interaktif dapat dilihat, hasil observasi aktivitas murid dan guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu aktivitas siswa telah meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 6,26 % dan aktivitas pembelajaran guru juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 6,35 % dan berada dalam kategori baik. Sedangkan berdasarkan hasil belajar siklus I siswa yang tuntas klasikal sebesar 84,61% dengan daya serap klasikal 76,35%. Pada siklus II siswa yang tuntas klasikal 96,15% dengan daya serap klasikal 79,81%. Berdasarkan indikator kinerja keberhasilan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa dengan melalui pendekatan interaktif dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar PKn di Kelas III SDN Kabuyu Kecamatan Pedongga Kabupaten Mamuju Utara.
Kata kunci: Hasil Belajar PKn, Pendekatan Interaktif
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung