Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses Pada Siswa Kelas IV SDI 003 Buriro

Rafika Rafika

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada siswa Kelas IV SDI 003 Buriro, dengan jumlah siswa 30 orang. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian siklus I ketuntasan belajar klasikal yakni 77,33% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 23 orang dan yang tidak tuntas 7 orang siswa. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal sebanyak 93,33% dengan rincian 28 orang siswa tuntas dan 2 orang siswa yang masih belum tuntas. Berdasarkan hasil tersebut menunjukan bahwa dengan penerapan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Pendekatan Keterampilan Proses, Hasil Belajar IPA


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung