Penerapan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas IV SD Toriapes Kasimbar
Abstract
Permasalahan mendasar pada penelitian ini yaitu: “apakah penggunaan metode pemberian tugas secara individual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Toriapes Kasimbar?” dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan metode pemberian tugas individual dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Toriapes Kasimbar pada mata pelajaran IPS. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi guru dan siswa serta evaluasi proses dan hasil pembelajaran. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Toriapes Kasimbar. Prosedur pelaksanaan tindakan meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan 13 orang siswa (72,22%) dengan kriteria tuntas dan 5 orang siswa (27,78%) dengan kriteria tidak tuntas, dengan demikian indikator keberhasilan belum tercapai sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus II yaitu dari 18 orang siswadidapatkan (88,89%) masuk dalam kategori tuntas dan hanya 2 orang siswa (11,11%) yang tidak tuntas, ketuntasan klasikal yang dicapai adalah 88,89%. Dengan demikian, indikator kinerja yang ditetapkan dalam penelitian ini telah berhasil pada siklus II sehingga tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Berdasarkan hasil yang didapatkan disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pemberian tugas Siswa Kelas IV SD Toriapes Kasimbar pada mata pelajaran IPS dapat meningkat.
Kata Kunci: Metode Pemberian Tugas; Motivasi Belajar
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung