Peningkatan Kemampuan Siswa Membuat Kalimat Tanya melalui Teknik 5w 1h di Kelas IV SD Inpres Lobu Gio
Abstract
Permasalahan penelitian ini apakah melalui teknik 5W 1H dapat meningkatkan kemampuan siswa menggunakan kalimat tanya di kelas IV SD Inpres Lobu Gio? Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan siswa membuat kalimat tanya di kelas IV SD Inpres Lobu Gio melalui teknik 5W 1H. Rancangan penelitian tindakan kelas dilakukan melalui empat tahap, yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksakan di kelas IV SD Inpres Lobu Gio tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian adalah 25 siswa dan 2 orang guru sebagai peneliti dan pengamat. Pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 60% rata-rata daya serap 64% kualifikasi belum berhasil. Siklus II ketuntasan klasikal sebesar 92% dengan rata-rata daya serap 76,2%. Hasil observasi guru siklus I sebesar 68,75% kualifikasi cukup. Siklus II sebesar 87,5% kualifikasi baik. Hasil observasi siswa siklus I sebesar 60,71% kualifikasi cukup. Siklus II sebesar 89,3% kualifikasi baik. Berdasarkan uraian-uraian yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa membuat kalimat tanya di kelas IV SD Inpres Lobu Gio dapat ditingkatkan melalui teknik 5W 1H.
Kata Kunci: kemampuan siswa; kalimat tanya; teknik 5W 1H
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung