Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas IV SDN No. 3 Tondo Kecamatan Sirenja Menggunakan Kalimat Tanya melalui Metode Latihan
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini apakah kemampuan siswa kelas IV SDN No. 3 Tondo menggunakan kalimat tanya dapat ditingkatkan melalui metode latihan? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SDN No. 3 Tondo menggunakan kalimat tanya melalui metode latihan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN No. 3 Tondo, pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa 10 orang, terdiri atas 4 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan tes evaluasi hasil belajar. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus melalui empat tahap yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa pada tes awal banyaknya siswa yang tuntas terdiri dari 2 orang atau ketuntasan klasikal 20% dengan nilai rata-rata kelas 60,8. Siklus I banyaknya siswa yang tuntas terdiri dari 6 orang atau ketuntasan klasikal 60 % dengan nilai rata-rata kelas 76,8. Karena belum memenuhi standar kelulusan maka penelitian dilanjutkan pada siklus II. Siklus II ini, banyaknya siswa yang tuntas terdiri dari 10 orang atau ketuntasan klasikal 100% dengan nilai rata-rata kelas 98,8. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas IV SDN No. 3 Tondo menggunakan kalimat tanya dapat ditingkatkan melalui metode latihan.
Kata kunci: Kemampuan; Kalimat tanya; Metode latihan
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung