Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas IV SD Negeri Atananga Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali

Arifin Arifin

Abstract


Permasalahan mendasar pada penelitian ini adalah apakah melalui penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) siswa kelas IV SD Negeri Atananga. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) kelas IV SD Negeri Atananga melalui penerapan model pembelajaran kontekstual. Peneliti melakukan penelitian tindakan kelas, mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yaitu pada setiap siklus yang dilaksanakan terdiri atas 4 komponen yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dikelas IV SD Negeri Atananga berjumlah 8 orang anak. Jenis data dalam penelitian kualitatif dan kuantitatif. Data Kualitatif diperoleh melalui hasil observasi,catatan lapangan dan hasil wawancara sedangkan kuantitatif diperoleh dari hasil tes melalui penerapan model pembelajaran kontekstual. Pengumpulan data dilaksanakan dengan cara tes. observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil secara keseluruhan dari penelitian yang telah dilaksanakan adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi Aktivitas Ekonomi dan Sumber Daya Alam. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I yang hanya mencapai 66,00% kemudian pada siklus II, persentase ketuntasan belajar secara klasikal mencapai hasil 75,00%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar secara klasikal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melaui penerapan model pembelajaran kontekstual kemampuan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Atananga pada materi aktivitas ekonomi dan sumber daya alam  meningkat.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung