Peningkatan Kemampuan Menulis Pengumuman Melalui Metode Latihan Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Gio Kecamatan Moutong

Misra Misra

Abstract


Permasalahan penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode latihan dapat meningkatkan kemampuan menulis pengumuman siswa kelas  IV SD Inpres 2 Gio Kecamatan Moutong? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis pengumuman melalui metode latihan siswa kelas  IV SD Inpres 2 Gio Kecamatan Moutong. Sumber data siswa dan guru (peneliti). Jenis data adalah data kuantitatif berupa hasil evaluasi pada siklus I dan siklus  II dan data kualitatif beupa hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 27 siswa terdiri dari 12 laki-laki dan 15 perempuan. Proses penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus meliputi: (1) perncanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Hasil evaluasi siswa siklus I rata-rata daya serap 71,07 % dengan presentase ketuntasan klasikal  63 % siklus II nilai rata-rata daya serap meningkat menjadi 79,88 dengan ketuntasan klasikal 93%. Hasil observasi guru siklus I sebesar 75% kategori cukup siklus II sebesar 82% kategori baik. Hasil observasi siswa siklus I sebesar 77,5% kategori cukup siklus II sebesar 82,50% kategori baik. Berdasarkan data tersebut, menunjukan bahwa metode latihan dapat meningkatkan kemampuan menulis pengumuman siswa kelas IV SD Inpres 2 Gio Kecamatan Moutong.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung