Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Konsep Benda dan Sifatnya Pada Mata Pelajaran Sains Melalui Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Kelas IV SD Inpres Igio Kecamatan Moutong

Trinurhayati Trinurhayati

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar sains konsep benda dan sifatnya dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran inquiry terbimbing pada siswa kelas IV SD Inpres I Gio kecamatan Moutong. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang konsep benda dan sifatnya melalui pembelajaran inquiry terbimbing dikelas IV SD Inpres I Gio kecamatan Moutong. Hasil tes formatif siklus Inilah rata-rata yang diperoleh siswa adalah 64,5 dari nilai yang diperoleh siswa tersebut 9 orangĀ  (45%) siswa yang belum tuntas belajar, 11 orang atau (55%) siswa yang telah mencapei tingkat keberhasilan. Hasil tes formatif siklus II diperoleh nilai rata-rata adalah 85,75% dari nilai yang diperoleh siswa tersebut 20 orang siswa atau (100%) yang telah mencapai target keberhasilan. Dapat disimpulkan bahwa dangan menggunakan model pembelajaran inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres I Gio.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung