Dampak Menonton Siaran Televisi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas IV SD Inpres 2 Tada Kecamatan Tinombo Selatan
Abstract
Permasalahan mendasar pada penelitian ini adalah apakah menonton televisi memiliki dampak terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SD Inpres 2 Tada Kecamatan Tinombo Selatan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak menonton televisi terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Inpres 2 Tada Kecamatan Tinombo Selatan pada mata pelajaran PKn.Jenis data yang diambil adalah data kuantitatif yaitu meliputi data penelitian dan analisis. Metode yang digunakan adalah pemberian angket.Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi guru, wawancara, angket dan dokumentasi.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 29 orang siswa kelas IV SD Inpres 2 Tada Kecamatan Tinombo Selatan.Menonton siaran televisi dapat berdampak positif dan negatif.Dampak positif dapat mempengaruhi imajinasi dan pola pikir siswa, menambah wawasan yang dapat meningkatkan pendidikan siswa dalam mengikuti kegiatan pengajaran di sekolah.Sedangkan dampak menonton siaran televisi dapat berdampak negatif terhadap menurunnya prestasi belajar siswa karena menurunnya frekuensi belajar di rumah untuk mengulang kembali pelajaran yang didapat di bangku sekolah.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung