PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SDN 9 PALU

Andi Masmi

Abstract


Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 9 Palu melalui bantuan media gambar. Untuk menjawab permasalahan di atas, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas menggunakan media gambar dengan memperhatikan syarat-syarat media gambar yang baik, dan menggunakan beberapa metode yang sesuai dengan materi pembelajaran, untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri 2 pertemuan yang dilaksanakan dalam 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 9 Palu, tahun pelajaran 2013/2014. Subyek penelitian adalah siswa yang memperoleh nilai di bawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal pada pelaksanaan tes awal. Penelitian iniĀ  menggunakan data kuantitatif yang dikumpulkan dengan memberikan tes akhir, dan data kualitatif yang dikumpulkan dengan melakukan observasi sehingga dapat dianalisis dengan menghitung persentase daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal serta menggunakan model alir dari Milles dan Huberman yang terdiri dari mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua tahap yaitu: (1) pra tindakan, dan (2) pelaksanaan tindakan yang diukur tingkat keberhasilannya berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian dengan menggunakan media gambar menunjukkan bahwa hipotesis tindakan dapat diterima karena hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 9 Palu berhasil ditingkatkan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya persentase ketuntasan klasikal dari 77,5% pada siklus 1 menjadi 87,5% pada siklus 2 (meningkat 10%), dan daya serap klasikal dari 79,38% pada siklus 1 menjadi 85,62% pada siklus 2 (6,24%).


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung