https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/ http://macasa.mx/ http://info.andes.edu.mx/ http://uat.sewrob.com/ https://ardpension.com/ https://tubitak2237.usak.edu.tr/storage/pisangtoto/ https://ustech.usak.edu.tr/storage/obcbet/ https://bahanacitapersada.com/ https://ppdb.bahanacitapersada.com/ https://167.71.57.184/ https://159.89.125.203/
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dipadukan Media Animasi Pembelajaran Terhadap Kreatifitas dan Hasil Belajar Siswa | Agni | Jurnal Kreatif Online

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dipadukan Media Animasi Pembelajaran Terhadap Kreatifitas dan Hasil Belajar Siswa

Raya Agni, Amran Rede, Mohammad Jamhari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dipadukan media animasi terhadap kretivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 19 Palu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain penelitian Pretest-Posttest, Non-Equivqlent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMPN 19 Palu dengan menggunakan dua kelas sebagai subjek penelitian yaitu kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa yang diajar dengan menggunakan STAD dipadukan media animasi, dan kelas control yang berjumlah 30 siswa yang diajar dengan menggunakan model konvensional. Data penelitian diperoleh dengan lembar observasi saat proses pembelajaran berlangsung dan memberikan tes hasil belajar setelah seluruh materi diajarkan. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian berhasil meningkatkan kreativitas siswa dengan bukti pada pertemuan pertama jumlah siswa yang berkategori kurang lebih banyak namun pada pertemuan kedua jumlah siswa yang berkategori kurang telah berkurang jumlahnya, sedangkan jumlah berkategori baik bahkan sangat baik pada pertemuan kedua meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar  pada kelompok eksperimen  dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 78.7 sedangkan nilai hasil belajar pada kelompok kontrol dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata 74.6. Kesimpulan yaitu penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dipadukan media animasi pembelajaran biologi dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung