Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Teknik Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas VII SMP Labschool UNTAD Palu

Wayan Sudarsana, Darsikin Darsikin, Syamsu Syamsu

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning dengan teknik mind mapping terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas VII SMP Labschool UNTAD Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Labschool UNTAD Palu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas VIIa sebagai kelompok eksperimen (n=23) dan kelas VIIb sebagai kelompok kontrol (n=23). Dari analisa data diperoleh bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen 14,65 dan skor rata-rata kelompok kontrol yaitu 12,30. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh  dan  pada taraf nyata . Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning dengan teknik mind mapping terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas VII SMP Laabschool UNTAD Palu.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung