Analisis Pemahaman Konsep Fluida Statis pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNTAD
Abstract
Pemahaman konsep merupakan kemampuan mendefinisikan dan membahasakan sendiri konsep fisika yang telah dipelajarinya tanpa mengurangi maknanya (sesuai dengan pendapat para ahli dan buku-buku terkait). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep fluida statis pada mahasiswa program studi pendidikan fisika FKIP UNTAD. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 28 orang mahasiswa program studi pendidikan fisika FKIP UNTAD semester III tahun angkatan 2016. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu tes pemahaman konsep fisika berupa pilihan ganda beralasan berjumlah 20 butir soal yang disertai CRI untuk mengetahui tingkat keyakinan subjek penelitian dalam menjawab soal. Data hasil tes kemudian dianalisis untuk menentukan presentase menunjukan bahwa pemahaman konsep mahasiswa calon guru fisika pada materi fluida statis masih tergolong rendah. pemahaman konsep, tidak paham konsep dan miskonsepsi pada setiap soal yang diberikan. Hasil penelitian
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung