Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri SMP Berbasis Teori Van Hiele Untuk Meningkatkan Tahap Berpikir Siswa Dari Tahap Visualisasi ke Tahap Analisis
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk memperoleh perangkat pembelajaran geometri SMP berbasis teori Van Hiele untuk meningkatkan tahap berpikir siswa dari tahap visualisasi ke tahap analisis. Metode pengembangan yang digunakan untuk memperoleh perangkat pembelajaran tersebut adalah model 4-D (Four D-Model) yang dikemukakan oleh Thiagarajan dan Semmel melalui empat tahap yaitu: (1) tahap pendefinisian (define), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap pengembangan (develop) dan (4) tahap desiminasi (desiminate). Hasil pengembangan perangkat pembelajaran ini berupa seperangkat pembelajaran geometri SMP berbasis teori Van Hiele yang terdiri dari Buku Siswa, RPP, LKPD dan Latihan Soal dan dapat digunakan untuk meningkatkan tahap berpikir siswa dari tahap visualisasi ke tahap analisis. Adapun spesifikasi perangkat pembelajaran ini sebagai berikut: 1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis teori Van Hiele; 2) Aktivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berorientasi konstruktivis; 3) Perangkat pembelajaran ini khusus untuk meningkatkan tahap berpikir siswa dari tahap visualisasi ke tahap analisis pada materi konsep-konsep segiempat di SMP. Konsep-konsep segiempat yang menjadi fokus kajian adalah sifat-sifat segiempat dan hubungan antar sifat dari jenis-jenis segiempat; 4) Perangkat pembelajaran ini digunakan untuk kepentingan remedi baik secara individual maupun kelompok kecil.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung