Pengaruh Pendekatan Scientific Model Discovery Learning pada Materi Gerak Lurus terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Asadiyah Tolai

Irawan Irawan, Supriyatman Supriyatman, Darsikin Darsikin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan scientific model discovery learning pada materi gerak lurus terhadap hasil belajar siswa kelas X MA Asadiyah Tolai. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan pendekatan scientific model discovery learning dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil tes dari kedua kelas, diperoleh nilai rata-rata dari kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 6,27 dan 5,75 untuk tes awal, sedangkan untuk tes akhir rata-ratanya adalah 13,58 dan 9,89. Dari hasil analisa data diperoleh nilai sedangkan nilai . Hal ini menunjukan bahwa nilai  berada diluar daerah penerimaan Ho, dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil ini menyatakan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang diterapkan pendekatan scientific model discovery learning pada materi gerak lurus terhadap hasil belajar siswa kelas X MA Asadiyah Tolai dengan kelas yang diterapkan model pembelajaran langsung. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan scientific model discovery learning pada materi gerak lurus terhadap hasil belajar siswa kelas X MA Asadiyah Tolai.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung