https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Analisis Kesulitan Siswa SMA Negeri 5 Palu dalam Menyelesaikan Soal-soal Fisika Berbentuk Grafik Menggunakan Tes Diagnostik pada Materi Gerak Lurus | Andriyani | Jurnal Kreatif Online

Analisis Kesulitan Siswa SMA Negeri 5 Palu dalam Menyelesaikan Soal-soal Fisika Berbentuk Grafik Menggunakan Tes Diagnostik pada Materi Gerak Lurus

Andriyani Andriyani, I Komang Werdhiana, I Wayan Darmadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal berbentuk grafik pada materi gerak lurus. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Palu. Subyek penelitian berjumlah 21 orang siswa yang dipilih berdasarkan pertimbangan kelas tersebut telah mempelajari materi gerak lurus. Metode pengambilan data dengan tes diagnostik dan didukung oleh wawancara. Tes diagnostik terdiri atas 8 butir soal, wawancara  untuk 6 orang responden terpilih berdasarkan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Analisis dilakukan dengan menggunakan deskripstif persentase. Hasilnya menunjukan bahwa rata-rata kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal berbentuk grafik tergolong sedang. Berdasarkan pencapaian KKM siswa mengalami kesulitan untuk beberapa indikatornya yaitu indikator paham GLB dan GLBB, menentukan kecepatan, menentukan kelajuan, dan menentukan percepatan. Sementara untuk indikator menentukan jarak tempuh dan posisi siswa tidak mengalami kesulitan. Untuk indikator paham GLB dan GLBB memiliki presentase sebesar 55.95%, indikator menentukan kecepatan berdasarkan grafik sebesar 49.99%, indikator menentukan kelajuan berdasarkan grafik sebesar 49.99%, dan indikator menentukan percepatan berdasarkan grafik sebesar 38.09%. Kesulitan ini dikarenakan siswa belum mampu menginterpretasi grafik, mengekstrapolasi grafik, dan juga mentransformasi grafik. Kemampuan interpretasi grafik memiliki persentase sebesar 55.29 %, kemampuan ekstrapolasi 60.41%, dan kemampuan transformasi 44.04%. Selain itu siswa juga kesulitan dalam hal memahami konsep.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung