Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MAN 1 Palu

Sugeng Wibowo, H. Amiruddin Hatibe, Marungkil Pasaribu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran giuded discovery terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI MAN 1 Palu. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan nonrandomized control group pretest-post tes design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAN 1 Palu. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Kelas XI MIA 3 (n=28) dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 (n=28) dipilih sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda berjumlah 29 soal yang tervalidasi. Setiap unit soal mengukur beberapa indikator yang terfokus pada hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan uji statistik menngunakan uji-t dua pihak pada taraf nyata dan dk = 0,05, diperoleh nilai thitung berada pada interval penolakan H0 sehingga H1 diterima. Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran giuded discovery terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI MAN 1 Palu.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung