Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Blended Learning untuk meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Tadulako

Dewi Tureni, Fatmah Dhafir

Abstract


Penelitian ini bertujuan ini untuk menentukan pengaruh model pembelajaran Project-Based Blended Learning terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Tadulako. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experimental research). Jumlah sampel penelitian jumlahnya 60 orang. Penelitian telah dilaksanakan mulai bulan September 2019 – Desember 2019.Dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Tadulako. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan Non-equivalent Control Group Design. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat kelulusan kelas eksperimen 100%, sedangkan kelas kontrol 23,33%.  Sehingga menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan             (thitung= 13,16 > ttabel = 2,002) antara kelas eksperimen  yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Project-Based Blended Learning dengan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung