Analisis Konsistensi Ilmiah dan Multi Refresentasi Mahasiswa pada Konsep Stuktur Kristal

Muslimin Muslimin

Abstract


Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis konsistensi ilmiah mahasiswa pada konsep struktur kristal. Konsistensi ilmiah merujuk pada kemampuan menjawab yang konsisten dan benar secara fisika maupun representasinya. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester V kelas C Tahun akademik 2019/2020. Subjek penelitian ini terdiri dari 31 orang mahasiswa yang turut serta dalam tes konsistensi ilmiah. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari 18 soal yang di bagi menjadi 6 konsep, satu konsep terdiri dari 3 bentuk representasi, seperti matematis, gambar dan grafik. Soal tersebut digunakan untuk memilih responden yang berjumlah 6 orang untuk diwawancarai. Pada tahap wawancara responden menjelaskan alasan yang berhubungan dengan jawaban yang dipilih. Data diperoleh melalui lembar jawaban mahasiswa dan rekaman hasil wawancara. Data penelitian dianalisis melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian konsistensi ilmiah menunjukkan bahwa sebanyak 51,61% berada pada kategori tidak konsisten, 41,93% berada pada kategori konsisten dan 6,45% berada pada kategori sangat konsisten, sedangkan untuk konsistensi representasinya sebanyak 38,71% berada pada kategori tidak konsisten, 48,39% berada pada kategori konsisten dan 12,90% berada pada kategori sangat konsisten, berdasarkan hasil tersebut maka  dapat disimpulkan bahwa mahasiswa yang jawabannya konsisten pada soal representasi belum tentu konsisten secara ilmiah dan benar menurut konsepnya.

 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung