Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Donggala
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sains dan aktivitas proses pembelajaran siswa kelas VIII Sekolah MTs Negeri 1 Donggala dengan penerapan pendekatan keterampilan proses sains. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VIII MTs Negeri 1 Donggala dengan jumlah siswa 30 pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus menggunakan pendekatan keterampilan proses sains, maka hasil analisis tes hasil belajar sains pada siklus I dengan ketuntasan klasikal mencapai 77.67 %, daya serap klasikal mencapai 81.00%, persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 72.43% dan aktivitas siswa 70.37%. Sedangkan siklus II dengan ketuntasan klasikal mencapai 80.00 %, daya serap klasikal mencapai 81.50%, persentase aktivitas guru pada siklus II sebesar 82.06% dan aktivitas siswa 85.51%. Dengan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan, bahwa Penerapan pendekatan keterampilan proses sains dapat meningkatkan hasil belajar sains dan aktivitas proses pembelajaran siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Donggala.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung