https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Penerapan Pendekatan Saintifik terhadap Peningkatan Aktivitas Belajar dan Kerja Ilmiah Matematika Siswa Kelas XI MAN Negeri Donggala | Turtanto | Jurnal Kreatif Online

Penerapan Pendekatan Saintifik terhadap Peningkatan Aktivitas Belajar dan Kerja Ilmiah Matematika Siswa Kelas XI MAN Negeri Donggala

Gandung Turtanto

Abstract


Pembelajaran saintifik merupakan pembelajaran yang terdiri dari tahapan mengganti, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan  mengkomuniksikan. Kerja ilmiah terdiri dari aspek perumusan konsep, aspek penyelidikan masalah, aspek sikap dan komunikasi ilmiah. Sedangkan kerja ilmiah dan kegiatan aktivitas pembelajaran, yang mengikuti tahap-tahap kerja ilmiah dan tahap-tahap pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan satu kelas untuk menguji perlakuan yang akan diterapkan yaitu pendekatan saintifik dengan menggunakan 2 siklus yang terdiri 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi kegiatan kerja ilmiah dan kegiatan aktivitas pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan,dan analisis, data serta pembahasan tampak bahwa pada pembelajaran Siklus I kriteria kerja ilmiah berada pada kriteria kurang artinya aktivitas proses pembelajaran kurang memenuhi kriteria ilmiah dengan persentase 58,2%. Sedangkan pada siklus II aktivitas kerja ilmiah menjadi kriteria memenuhi, artinya aktivitas siswa memenuhi kriteria kerja ilmiah dengan persentase 70,4%. Terdapat peningkatan kerja ilmiah matematika siswa kelas XI MAN Negeri Donggala  pada tahun ajaran 2018/2019 dengan menggunakan pendekatan saintifik.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung