Pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar Sejarah di SMAN 1 Palu
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar sejarah di SMAN 1 Palu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah berjumlah 94 siswa yang berada di SMAN 1 Palu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan tes hasil belajar. Analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif, inferensial dan uji signifikan. Uji hipotesis, hasil penelitian menunjukan bahwa r hitung sebesar 0,699. Hasi penelitian menunjukkan bahwa pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar sejarah memiliki tingkat pengaruh yang kuat dan hasil ujiperoleh lebih besar dibandingkan dengan nilai atau 9,376 > 1,986 sehingga diterima dan ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar sejarah di SMAN 1 Palu.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung