https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Pengaruh Penerapan Process Genre-Based Approach (PGBA) terhadap Hasil Belajar Menulis Esai | Budi | Jurnal Kreatif Online

Pengaruh Penerapan Process Genre-Based Approach (PGBA) terhadap Hasil Belajar Menulis Esai

Budi Budi, Sriati Usman, Rofiqoh Rofiqoh

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah kemampuan mahasiswa semester IV Kelas D Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNTAD Tahun 2016/2017 dalam menulis esai bahasa Inggris melalui Penerapan Process Genre-Based Approach (PGBA) akan meningkat atau tidak. Desain penelitian ini adalah pre-experimental-one group pretest posttest yang dilaksanakan pada Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNTAD. Populasinya adalah mahasiswa semester IV (genap)  tahun akademik 2016/2017. Sample penelitian ada mahasiswa Kelas D, yang ditetapkan dengan menggunakan total sampling technique. Hipotesa penelitian adalah kemampuan mahasiswa semester IV Kelas D Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNTAD Tahun 2016/2017 dalam menulis esai bahasa Inggris melalui Penerapan Process Genre-Based Approach (PGBA) meningkat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes: tes awal (Pretest) dan tes akhir (Postest). Perlakuan (treatment)  dilaksankan 6 kali pembelajaran. Hasil data dianalisis secara statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata posttest (72,2) lebih besar daripada rata-rata pretest (42,91) dan nilai t-hitung (10,57) lebih besar daripada nilai t_tabel (1,684) dari daya beda (degree of freedom), df =35-1=34, pada tabel level signifikan 0,05 (one-tailed test). Hal ini menunjukan bahwa kemampuan mahasiswa semester IV Kelas D Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNTAD Tahun 2016/2017 dalam menulis esai bahasa Inggris melalui Penerapan Process Genre-Based Approach (PGBA) meningkat. Hasil penelitian ini sangat bermanfaat bagi: (1) mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis esai; (2) pengajar (dosen) untuk menambah sebuah pendekatan pembelajaran menulis esai melalui PGBA dengan tahapan (a) preparation; (b) modelling and reinforcing; (c) planning; (d) joint constructing; (e) independent constructing; dan (f) revising. (3) dosen dan guru bahasa Inggris dapat melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan PGBA.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung