https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II SDN 023 Petilo | Leppan | Jurnal Kreatif Online

Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II SDN 023 Petilo

Marlina Leppan, Efendi Efendi, Yusdin Gagaramusu

Abstract


ABSTRAK

          Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbicara siswa kelas II SDN 023 Petilo. Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatan kemampuan berbicara siswa. Metode penelitian adalah mendeskrisikan kemampuan berbicara siswa dengan bercerita. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri atas kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan ahir. Data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi kegiatan siswa serta observasi kegiatan guru, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil evaluasi pembelajaran berbicara siswa melalui metode bercerita. Hasil penelitian menunjukkan pada tindakan siklus I hasil observasi kegiatan siswa 62,5%  dan obsevasi kegiatan guru 75% (kategori cukup). Sedangkan hasil evaluasi pembelajaran berbicara siswa menunjukkan 11 siswa yang tuntas secara individu dari 18 siswa sehingga persentase ketuntasan klasikal 61%, daya serap klasikal sebesar 64,13%. Pada siklus II hasil observasi kegiatan siswa 87% dan hasil observasi guru 88% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil evaluasi pebelajaran berbicara siswa diperoleh 16 siswa yang tuntas secara individu sehingga persentase ketuntasan  klasikal mencapai 88,88% dan daya serap klasikal 77,66%. Hal ini menunjukkan pembelajaran  pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan sehingga dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas II SDN 023 Petilo.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung