https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Penggunaan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran IPA di SD Meningkatkan Kualitas dan Hasil Belajar | Erlita | Jurnal Kreatif Online

Penggunaan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran IPA di SD Meningkatkan Kualitas dan Hasil Belajar

Erlita Erlita, Kamaluddin Kamaluddin

Abstract


rendahnya pemahaman konsep, bahkan dapat menyebabkan terjadinya kesalahan konsep. Keadaan seperti ini telah terjadi di kelas IV SDN 15 Palu. Beberapa contoh pemahaman konsep IPA yang salah: (1) Masih sejumlah siswa yang belum mampu menginterfretasi benda-benda yang ditarik oleh magnet, dengan menganggap bahwa semua jenis logam ditarik oleh magnet; (2) kertas karton tidak dapat ditarik oleh magnet sehingga tidak dapat ditembus oleh gaya magnet; (3) demikian halnya kurangnya kemampuan siswa dalam hal memprediksi nyala lampu dalam suatu rangkaian listrik sederhana misalnya: nyala lampu yang dekat dengan kutub positif baterai lebih terang dari nyala lampu yang berjauhan dengan kutub positif, bahkan ada siswa yang menjawab bahwa lampu didekat kutub negatif tidak menyala. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas yang menggunakan keterampilan proses sains dalam pembelajaran. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN 15 Palu dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari beberapa tahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran dengan menggunakan keterampilan proses sains sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari tingginya aktivitas siswa berdasarkan penilaian sikap dan psikomotor selama proses pembelajaran, baik pada siklus I maupun pada siklus II. Dilihat dari kuantitas menunjukkan hasil belajar yang sangat bagus, diperoleh ketuntasan klassikal 83% pada siklus I, dan 78% pada siklus II.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung