Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Melalui Pendekatan Keterampilan Proses pada Matakuliah Biologi Umum Kelas B Program Studi Biologi FKIP Universitas Tadulako
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan pendahuluan dan observasi selama menjadi tim pengajar mata kuliah Biologi Umum pada tahun pertama di program studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Tadulako, ditemukan beberapa fakta. Pertama, prestasi belajar mahasiswa rendah. Kedua, mahasiswa kurang keberanian dalam mengemukakan pendapat sehingga cenderung menjadi pasif dan belum melibatkan seluruh anggota kelompok dalam kerjasama tim. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) melalui Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan prestasi belajar dan aktivitas mahasiswa. Pembelajaran kooperatif tipe STAD menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara mahasiswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran sehingga kerjasama yang terjadi akan melibatkan semua anggota kelompok, sedangkan Pendekatan Keterampilan Proses diharapkan dapat mengembangkan keterampilan-keterampilan yang menjadi roda penggerak penemuan dan pengembangan fakta dan konsep serta penumbuhan sikap dan nilai. Penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode quasi experiment dengan desain Counterbalanced Measure Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan yang sangat signifikan, dan juga berpengaruh positif terhadap aktivitas mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran Matakuliah Biologi Umum Kelas B Program Studi Biologi FKIP Universitas Tadulako.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung