https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Profil Pertanyaan Metakognitif Siswa Pada Pembelajaran Termokimia SMA Kelas XI | Hamzah | Jurnal Kreatif Online

Profil Pertanyaan Metakognitif Siswa Pada Pembelajaran Termokimia SMA Kelas XI

Abdul Hamzah, Tri Santoso

Abstract


Pertanyaan dapat mendorong fungsi metakognitif yang berguna untuk memantau proses berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan struktur tingkat pertanyaan siswa berdasarkan tingkat pemikiran dan tingkat pemahaman kimia, dan menggambarkan bagaimana siswa menggunakan pengetahuan metakognitif mereka dalam bertanya. Penelitian ini merupakan studi kasus dalam pembelajaran termo kimia, diikuti oleh 32 siswa. Hasil analisis mengungkapkan bahwa struktur berpikir tingkat pertanyaan siswa terdiri dari pertanyaan pengetahuan, pemahaman dan pertanyaan aplikasi, dan pertanyaan berpikir tinggi. Struktur tingkat pemahaman kimia dari pertanyaan yang dikemukakan siswa menunjukkan 6 kategori, yaitu simbol, makro, makro-mikro, proses makro, proses mikro, dan proses makro-mikro. Hasil analisis dari 8 (delapan) siswa yang diwawancari terhadap pertanyaan mereka pada pembelajaran termokimia, terungkap terdapat 3 level proses metakognitif, yaitu: (1) tingkat rendah, yang disusun berdasarkan pertanyaan yang berfokus pada frasa tertentu atau mengubah kata-kata; (2) tingkat menengah, pengajuan pertanyaan membutuhkan pengetahuan dan pemahaman, dan (3) tingkat tinggi, pertanyaan-pertanyaan siswa yang diajukan berdasarkan identifikasi topik sentral atau esensi abstraksi dari fenomena.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung