https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA 7 MAN 2 Palu pada Pokok Bahasan Sel melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing | Herlina | Jurnal Kreatif Online

Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA 7 MAN 2 Palu pada Pokok Bahasan Sel melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

Herlina Herlina, Astija Astija

Abstract


Penerapan pembelajaran inkuiri sebagai salah satu tuntutan kurikulum 13 telah dilaksanakan di MAN 2 Palu. Akan tetapi permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi pokok Bahasan sel masih terjadi. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran inkuiri belum sepenuhnya mampu dilakukan oleh para siswa. Oleh karena itu, pembelajaran inkuiri terbimbing diperlukan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian mengenai pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas XI MIA 7 MAN 2 Palu pada pokok bahasan sel dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 3 siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diambil adalah data kualitatif yaitu data hasil observasi yang diperoleh dari hasil pengamatan situasi pembelajaran. Selain itu, data kuantitatif juga diambil yaitu data mengenai hasil belajar yang diperoleh dari hasil dari tes. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa berupa daya serap klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke II sebesar 8,88% dan siklus II ke III sebesar 10,93%, serta untuk ketuntasan belajar klasikal diperoleh peningkatan dari siklus I ke II sebesar 23,08% dan siklus II ke III sebesar 19,23%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIA 7 MAN 2 Palu dalam pembelajaran pokok bahasan sel.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung