Penerapan Metode Pembelajaran Audio-Lingual dalam Peningkatan Kemampuan Berbicara pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 19 Palu

Afdiana EES Yaentu, Ulinsa Ulinsa

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan berbicara siswa kelas VIIA dapat meningkat setelah diterapkan metode pembelajaran audio-lingual. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VII A SMPN 19 Palu melalui penerapan metode pembelajaran audio-lingual. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara bersiklus. Jenis data penelitian yaitu kualitatif dan kuantitatif. Sumber data penelitian yaitu observasi guru dan siswa dan evaluasi kemampuan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan evaluasi. Teknik analisis data menentukan tuntas individu, tuntas klasikal, dan nilai rata-rata. Hasil penelitian diperoleh pada siklus pertama yakni kemampuan berbicara siswa belum mencapai KKM 75 karena nilai rata-rata seluruh siswa yang berjumlah 31 orang mencapai 65,1. Penelitian dilanjutkan pada siklus kedua dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 77,5 dan dinyatakan tuntas mncapai KKM 75. Hasil pengamatan guru pada siklus pertama dan kedua dalam melaksanakan proses pembelajaran didominasi kategori baik dan sangat baik, sedangkan hasil pengamatan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran pada siklus pertama dan kedua juga didominasi baik dan sangat baik. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima, bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran audio-lingual kemampuan berbicara siswa kelas VII A meningkat

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung