https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Penggunaan Metode Inquiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Tumbuhan Hijau di Kelas V SDN 2 Bora | Nur | Jurnal Kreatif Online

Penggunaan Metode Inquiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Tumbuhan Hijau di Kelas V SDN 2 Bora

Mohamad Nur, Kamaluddin Kamaluddin, Muchlis L. Djirimu

Abstract


Permasaalahan  utama pada penelitian ini, adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang masih di bawah nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Mengatasi hal tersebut peneliti menerapkan metode inkuiri terbimbing dalam pembelajaran IPA di SDN 2 Bora. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 2 Bora. Penelitian ini menggunkan penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan MC. Taggart yang dilakukan dua siklus, dengan tahapan yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Tempatnya di SDN 2 Bora dengan jumlah siswa 21 orang, 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil observasi aktivitas  guru dan siswa pada kegiatan pembelajaran siklus I dan siklus II dalam kategori baik. Pengelohan hasil tes pada siklus I, dari 21 0rang siswa yang mengikuti tes akhir terdapat 14 orang siswa yang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan klasikal  sebesar 66,67 %. Hasil belajar siswa pada siklus II menunjukkan  bahwa dari 21 orang siswa yang mengikuti tes akhir terdapat 20 orang siswa yang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 95,24%. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan 28,57% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan tumbuhan hijau di kelas V SDN 2 Bora.  


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung