https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ obctop https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Santigi Mata Pelajaran IPA melalui Metode Inquiri | Samsinar | Jurnal Kreatif Online

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Santigi Mata Pelajaran IPA melalui Metode Inquiri

Samsinar Samsinar, Mohamad Jamhari, Ritman Ishak Paudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Santigi mata pelajaran IPA melalui metode Inquiri dengan jumlah siswa 28 orang terdiri dari 13 orang laki – laki dan 15 orang perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data kualitatif dan kuantitatif, maka dapat diketahui bahwa hasil observasi kegiatan siswa dan guru pada siklus I masih mencapai kategori cukup , dan hasil evaluasi siklus I, jumlah siswa yang dinyatakan tuntas belajar secara individu mencapai 22 orang dari 28 orang siswa sehingga diperoleh hasil ketuntasan belajar klasikal mencapai 78,57 %. Namun pada siklus 2 telah mengalami peningkatan karena hasil observasi kegiatan siswa dan guru mencapai kategori baik .  dan hasil evaluasi siklus 2, jumlah yang dinyatakan tuntas belajar secara individu mencapai 26 orang dari 28 orang siswa, sehingga diperoleh hasil ketuntasan belajar klasikal mencapai 92,86 %. Dengan demikian indikator kinerja yang ditetapkan dalam penelitian ini telah tercapai sehingga tidak perlu lagi dilanjutkan pada siklus berikutnya.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung