https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://sdm.unpad.ac.id/-/contact/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas V SDN 1 Pasangayu | Ramadhaus | Jurnal Kreatif Online

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas V SDN 1 Pasangayu

Ramadhaus Ramadhaus, I Made Budiarsa, Hendrik Arung Lamba

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa kelas V tentang energi alternatif dan cara penggunaannya menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan pada penelitian ini meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan hasil refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V tentang energi alternatif dan cara penggunaannya di SDN 01 Pasang Kayu. Hasil penelitian menunjukkan pada tindakan siklus I nilai ketuntasan klasikal diperoleh 41,67%, sedangkan nilai ketuntasan klasikal pada siklus II meningkat menjadi 83,33%. Pada hasil analisa terhadap daya serap individu pada siklus I sebesar 69,44%, sedangkan pada siklus II sebesar 83,33%.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung