Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN No. 4 Siboang

Kamelia Kamelia, Arif Firmansyah, Andi Imrah Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi penggunaan metode inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa Pada pembelajaran IPS. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN No. 4 Siboang pada pembelajaran IPS.  Rumusan masalah yang diajukan yaitu apakah penggunaan Metode Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN No.4 Siboang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan  kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan desain penelitian model Kemis dan Mc Taggart. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan media visual. Metode inkuiri merupakan pendekatan yang paling tepat untuk digunakan dalam pembelajaran IPS. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil observasi aktivitas guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN No.4 Siboang yang berjumlah 20 orang. Tes evaluasi hasil tindakan siklus I diperoleh persentase kentuntasan klasikal sebesar 55%, persentase daya serap klasikal 64% dan persentase siswa yang tidak tuntas 45%. Pada siklus II hasil tes evaluasi tindakan meningkat. Siklus II diperoleh persentase ketuntasan  klasikal sebesar 85% persentase daya serap klasikal sebesar 77,5% dan persentase siswa yang tidak tuntas 15%. Hal ini dapat diartikan pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai daya serap klasikal 70% dan ketuntasan belajar klasikal 80%. Berdasarkan nilai daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN No.4 Siboang.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung