Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Siswa Kelas I SD Inpres 1 Kamarora

Viktor Lambe' Tanggulungan, Muh. Tahir, Ulfah Ulfah

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas I SD Inpres 1 Kamarora. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SD Inpres 1 Kamarora. Permasalahan ini diteliti dengan menggunakan media kartu kata, serta menggunakan alat pengumpul data tehnik observasi. Tehnik observasi merupakan langkah awal dalam meneliti di SD Inpres 1 Kamarora yang berpusat di Kelas I. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan penelitian yang tahap pelaksanaannya dibagi dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan tampak perubahan kemampuan membaca permulaan pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa observasi aktivitas siswa dan guru mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil evaluasi penilaian pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 60% dan persentase daya serap klasikal 63%. Pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 80% dan persentase daya serap klasikal 74%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas I SD Inpres 1 Kamarora pada materi membaca permulaan.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung