Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Siboang
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas Kelas IV SDN 1 Siboang II. Penelitian dilaksanakan di SDN 1 Siboang, melibatkan 27 orang siswa terdiri atas 13 orang laki-laki dan 14 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hanya 62,96% atau 17 anak yang tuntas, sedangkan sisanya yaitu 37,03% atau 10 anak yang tidak tuntas dengan prosentase rata-rata nilai pada siklus I sebesar 68,14% dan nilai rata-rata saat pembelajaran 10,96 atau 68,5% sedangkan rata-rata hasil diskusi siswa yaitu 70%. Pada siklus II 25 siswa tuntas 92,59% dari 27 siswa dengan nilai rata-rata tes 80 dan nilai rata-rata aktivitas siswa selama pembelajaran 14,18 atau 88,62%. Serta nilai rata-rata hasil diskusi siswa juga meningkat yaitu 82%. Dan hal itu membuktikan ada kerjasama di tiap anggota kelompok, maka dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN SDN 1 Siboang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistik Pengunjung