https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/rekomendasi/ https://bce.unpad.ac.id/top/ https://pendfisika.ulm.ac.id/wp-content/thai/ https://sapasko.kemenpora.go.id/ https://ak3.sarpras.unair.ac.id/assets/berita/ https://lms.stmik-dci.ac.id/blog/cache/ https://elitbang.depok.go.id/user/sbo/ http://p4m.pnl.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/
Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pada Siswa Kelas IV SDN Kalukunangka | Arifuddin | Jurnal Kreatif Online

Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pada Siswa Kelas IV SDN Kalukunangka

Arifuddin Arifuddin, Efendi Efendi, Yun Ratna Lagandesa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Membaca pada siswa kelas IV SDN Kalukunangka melalui penerapan Metode pembelajaran Diskusi. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 14 April sampai dengan 15 Mei 2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Data yang diambil dari penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian siklus I diperoleh tuntas individu 20 siswa dan tidak tuntas individu 8 siswa dari jumlah siswa sebanyak 28 dengan prensentase daya serap klasikal 68 % dan ketuntasan belajar 71,4%. Pada siklus II diperoleh peningkatan pada ketuntasan individu menjadi 26 siswa dan tidak tuntas sebanyak 2 siswa dari 28 siswa dengan presentase daya serap klasikal 83 %.Dan presentase ketuntasan belajar 96,4%. Dengan demikian dapat diketahui bahwa penerapan Metode pembelajaran diskusiĀ  di Sd Negeri Kalukunangka dapat meningkatkan hasil belajar Membaca.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung