https://portalderevistas.uam.edu.ni/files/toponline/ http://210.57.208.166/obctoponline/ https://elitbang.depok.go.id/ https://wonosari.bondowosokab.go.id/pelayanan/ slot gacor situs slot gacor pertanian.bondowosokab.go.id/ https://elitbang.depok.go.id/assets/ https://simaster.wonosobokab.go.id/obc4d/ https://cms-bpsdubm.kemenkumham.go.id/json/ https://elakip2023.slemankab.go.id/modules/obc4d/ https://kinerja.iainambon.ac.id/ https://corinnemartin.com/ https://thedevilsrejects.com/ https://www.ehazira.net/ https://henantwinespirits.com/ https://majormagnetgame.com/ https://grunkamunka.com/ https://villatente.com/ https://exper-tr.com/ https://bkd.iainambon.ac.id/assets/ https://mi.aikom.ac.id/assets/ https://www.gorevdeyukselmesinavi.com.tr/ https://bkad.bengkuluutarakab.go.id/wp-content/themes/ https://compchem.ub.ac.id/ https://pastiberaksi.sulselprov.go.id/sgacor/ https://lihtr.unair.ac.id/assets/ https://geliatairlangga.unair.ac.id/toto/ https://e-kkn.unila.ac.id/assets/ https://simlp2mv2.unm.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/gacor/ https://e-kkn.unila.ac.id/about/ https://pafirembang.com/ https://pafijaktim.org/ https://pafislawi.org/ https://pafilasem.org/ https://dinkes.bondowosokab.go.id/dinkes/x777/ https://guvenlunapark.com/ https://pafikediri.com/ http://macasa.mx/ http://info.andes.edu.mx/ http://uat.sewrob.com/ https://ardpension.com/ https://tubitak2237.usak.edu.tr/storage/pisangtoto/ https://ustech.usak.edu.tr/storage/obcbet/ https://bahanacitapersada.com/ https://ppdb.bahanacitapersada.com/ https://167.71.57.184/ https://159.89.125.203/
Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Pribadi Siswa Kelas IV SD Inpres Randomayang Melalui Metode Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) | H.K | Jurnal Kreatif Online

Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Pribadi Siswa Kelas IV SD Inpres Randomayang Melalui Metode Pemetaan Pikiran (Mind Mapping)

Hadijah, H.K

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan di SD Inpres Randomayang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa menulis surat pribadi di kelas IV SD Inpres Randomayang dengan menerapkan metode pemberian mind mapping. Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya pemahaman tentang menulis surat pribadi pada siswa kelas IV SD Inpres Randomayang. Alternatif pemecahan masalah adalah menerapkan metode pemetaan pikiran (mind mapping). Penelitian ini dilakukan bersiklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Randomayang berjumlah 26 orang yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar aktivitas siswa dan guru (observasi), tes hasil tindakan, wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan guru mengalami peningkatan yang cukup berarti dari siklus I ke siklus II. Tes hasil tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 69,23% dan pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan pada ketuntasan klasikal yaitu 96,15%, dengan persentase peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar -26,92%. Hasil daya serap klasikal pada siklus I adalah 81,92%  dan siklus II sebesar 97,30%. Hal ini menunjukkan persentase peningkatan pemahaman siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dari siklus I ke siklus II sebesar 15,38%. Hasil wawancara dari siklus I ke siklus II menunjukkan bahwa siswa senang dengan pembelajaran menggunakan metode  pemetaan pikiran yang diterapkan guru. Berdasarkan indikator kinerja, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pemetaan pikiran (Mind Mapping) menulis surat pribadi yang diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan pada siswa kelas IV SD Inpres Randomayang.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Pengunjung